7 Rekomendasi Film Jepang Bertema Kuliner

by - Saturday, October 20, 2018


Tema kuliner memang kerap kali diangkat dalam berbagai media, film termasuk ke dalam salah satunya. Tidak hanya memuaskan mata, tapi juga pastinya membuat lapar serta ngidam tak berujung, kecuali habis nonton langsung makan. Then, why Japan? Mudah jawabannya. Sejak SMP, saya sudah tertarik dengan kultur Jepang, termasuk makanannya. Jadi kali ini, saya ingin berbagi 7 rekomendasi  film Jepang  dengan tema kuliner versi saya.

1. Little Forest : Summer Autumn (2014)  & Winter Spring (2015)


 Sumber foto : goldposter.com

My most favourite. Little Forest merupakan adaptasi dari manga berjudul sama karya Igarashi Daisuke. Bercerita tentang kehidupan Ichiko (Hashimoto Ai), yang meninggalkan kota besar dan kembali ke kampung halamannya, sebuah desa kecil bernama Komori, dan hidup di sana sebagai petani. Menariknya, film ini dibagi ke dalam beberapa segmen, sesuai dengan makanan yang dibuat oleh Ichiko. Diawali dengan bagaimana Ichiko mendapatkan bahan makanannya, lalu cara mengolahnya, hingga bagaimana ia menikmati makanan itu.

2. Bittersweet (2016)

 Sumber foto : imdb.com
Komedi romantis yang diangkat dari manga berjudul sama, karya Kobayashi Yumio. Bercerita tentang Maki (Kawaguchi Haruna), seorang karyawan advertising yang berantakan serta benci makan sayur, mendadak harus tinggal seatap dengan seorang guru vegetarian gay bernama Nagisa karena kepepet. Selama tinggal bersama, Maki harus mau makan masakan Nagisa (Hayashi Kento), yang notabene adalah makanan vegetarian. Meksipun semua makanannya terbuat dari sayur, tapi entah kenapa, semuanya sangat berwarna dan tetap kelihatan sedap! Tidak hanya itu, usaha Maki untuk menarik hari Nagisa juga tidak kalah kocak.

3. Patisserie Coin de Rue (2011)


 Sumber foto : imdb.com 

Drama yang bercerita tentang Natsume (Aoi Yuu), yang meninggalkan kampung halamannya untuk mencari pacarnya yang bekerja di toko  Coin de Rue Patisserie. Karena pacarnya sudah berhenti dari Patissiere tersebut, Natsume bertekad untuk tinggal dan bekerja disana, meskipun dia tidak memiliki kemampuan apapun sebagai seorang patissiere. Hal tersebut, mempertemukannya dengan seorang ex-patissier yang legendaris dengan masa lalu yang kelam bernama Tomura (Eguchi Yousuke). Konflik dan pergulatan Natsume menjadi seorang patissier menjadi fokus utama film ini.  Untuk pecinta dessert, saya rasa film ini cocok untuk kalian, karena  kue-kue cantik akan muncul menghiasi di sepanjang film.

4. Kamome Diner (2006)

Sumber foto : imdb.com

Bersetting di Helsinki, Finlandia, bercerita tentang Sachie (Kobayashi Satomi) yang hijrah ke Helsinki dan membuka diner yang sepi tanpa seorang pengunjung. Berkat interaksinya dengan beberapa karakter, baik orang Jepang dan orang lokal, membantu Sachie untuk menarik pengunjung untuk menikmati makanannya serta mengubah hidup Sachie sendiri. Tidak hanya keindahan Helsinki yang menjadi daya tarik serta makanan yang dibuat Sachie beserta kawan-kawannya, tapi juga selipan humor ringan dan interaksi dari dua kultur yang berbeda. Tidak lupa, color grading dari film ini membuat setiap frame merasa menenangkan.

5. Rinco's Restaurant (2009)

Sumber foto : bookclub.wikia.com

Bercerita tentang Rinco (Shibasaki Kou) seorang juru masak yang kehilangan suaranya dan restoran kecilnya yang terkenal dapat menyelesaikan segala macam persoalan dengan memakan makanannya (enak banget ya ini). Film ini juga menceritakan hubungannya dengan sang ibu yang sangat nyentrik, yang bahkan jauh memperhatikan babinya yang bernama Hermes ketimbang anaknya sendiri. Film ini mengapresiasi konsep slow cooking di era serba cepat dan penuh dengan fast food juga mengingatkan tentang akar masakan Jepang yang mengusung konsep utama kesederhanaan, skill juru masak serta kesegaran bahan.

6. An (2016)

Sumber foto : imdb.com

Menceritakan tentang seorang penjual dorayaki bernama Sentaro (Nagase Masatoshi) yang didatangi oleh seorang nenek bernama Tokue (Kiki Kirin) yang ingin melamar pekerjaan padanya sebagai pembuat anko (pasta kacang merah manis) dengan alasan anko buatan Sentaro tidak enak. Dengan cerita yang sederhana, namun menyentuh hati, tidak hanya membuat saya ingin makan dorayaki, tapi juga mengingatkan saya bahwa kebahagiaan itu dapat diperoleh dari hal-hal yang sederhana.

7. Spirited Away (2001)

Sumber foto : imdb.com

Saya penggemar berat anime dan studio Ghibli, jadi sepertinya belum sah kalau yang satu ini belum masuk. Berkisah tentang Chihiro (CV : Hiiragi Rumi) yang terjebak dalam dunia roh dan terpaksa harus bekerja di rumah pemandian Yubaba yang jahat (CV : Natsuki Mari) agar dia bisa menemukan orang tuanya. Tidak hanya interior rumah pemandian yang membuat saya kagum dengan film ini, tapi juga makanannya. Begitu banyak, begitu detail, dan begitu menggiurkan!

Daftar di atas mungkin saja bertambah kalau saya menemukan film Jepang dengan tema kuliner yang baru untuk di tonton. Dan sejujurnya tidak hanya film tema kuliner dari Jepang saja yang saya tonton, tapi dari seluruh negara. Mungkin saya akan membuat postingan baru khusus untuk itu di lain kali.

Jadi, bagaimana dengan kalian? Apakah sudah pernah menonton semua film di atas? Bagaimana dengan kesannya? Atau pernah menonton film Jepang dengan tema kuliner yang judulnya tidak ada di atas boleh share di kolom komentar ya! I'll be happy cuz I'd love to diggin for more J-movie with food theme!

You May Also Like

8 comments

  1. Noted. Semoga bisa nonton semua qiqiqiqi :D

    ReplyDelete
  2. Kalau film kuliner jepang belum pernah nonton. Kalau dramanya sudah beberapa :D Thanks infonya, bisa jadi tontonan kalau lagi senggang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga senang nonton drama Jepang X). Sama-sama, thank you juga sudah mampir :D

      Delete
  3. saya tertarik dengan yang judulnya An tersebut. sekarang sudah jarang nonton film nih, mungkin ini jadi referensi yang bagus buat nonton film jepang tema kuliner. ah, jadi ingat film indo yang barusan tayang itu, aruna dan lidahnya, dan belum nonton pula. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, sip, silakan~
      Yes, Aruna dan Lidahnya dramanya oke, tapi nontonnya bikin lapar tingkat kelurahan ^^

      Delete
  4. Wiiih.... kok asik2 ya list filmnya 😍
    Aku blom pernah nonton film jepang kulineran..
    seringnya horor jepang.. tapi menggoda juga..
    Pingin liat yg Sweet Bean itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you udah mampir :D Saya juga suka film horror Jepang, tapi belakangan lagi suka film kuliner :)

      Delete